Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Burung Murai Batu Dan Daerah Persebarannya

Burung murai batu adalah jenis burung yang banyak di pelihara di indonesia, karena harga dan suaranya yang sangat khas. seringkali seseorang memelihara sekaligus berternak dari jenis burung murai batu ini.

tidak hanya dikenal di indonesia saja, burung murai batu juga sudah tersebar di berbagai mancanegara seperti di thailand, filipina, dan malaysia.

ada banyak sekali khas dan ciri utama dari murai batu seperti berikut :

1.MURAI BATU MEDAN

murai batu medan saat ini sudah jarang di temui pada habitatnya, karena hutan yang sering dijadikan tempat tinggalnya sudah menjadi lahan perumahan. sehingga banyak faktor yang menyebabkan jenis burung medan ini migrasi ke daerah lain yang menurutnya bisa menjadi tempat tinggalnya.

murai medan saat ini sangat di gemari oleh banyak orang, bahkan jenis murai batu medan ini sering kali menjadi primadona bagi setiap penangkar di area perlombaan, karena suara yang begitu khas dan sangat merdu dan serta suara yang keras keras.
banyak penangkar yang menganggap jika burung murai medan adalah jenis murai batu yang terbaik dari jenis murai batu yang lain-nya.
murai batu medan mempunyai ciri khas pada ekornya yang panjangnya bisa mencapai sekitar 20-30cm

2. MURAI BATU NIAS 

sama dengan namanya yaitu murai batu NIAS karena jenis burung murai batu nias ini memang berasal dari daerah nias.
sama halnya dengan habitatnya yang semakin punah, keberadaan burung murai batu nias ini semakin langka di temukan. ke asrian hutan yang menjadi tempat tinggalnya menjadi punah.
namun banyak penangkar yang berusaha membudidayakan burung jenis murai batu ini untuk di rawat dan di ternak agar keberadaanya tetap ada.

salah satu pokok keunggulan dari burung murai nias ini suaranya hampir sama dengan murai batu medan. hanya saja perbedaan dari murai nias ini badan terlihat kecil di bandingkan dengan murai batu medan. namun untuk ekornya bisa mencapai 20-25cm sebanding dengan badan burung tersebut.

untuk suara dan kicau sering menduduki posisi rata-rata di bawah murai medan.
selain itu, murai batu nias mampu menirukan suara kicau lain dari sekelilingnya.
uniknya murai batu nias ini hampir sama dengan murai medan yang terdapat pada jenis suara yang keras dan jernih.

3. MURAI BATU LAMPUNG

seperti halnya seperti murai batu medan dan murai batu NIAS. jenis murai batu lampung ini sudah langka dan hampir tidak di temui dari habiat aslinya. karena hutan yang sudah semakin gundul membuat burung jenis murai lampung migrasi ke daerah lain untuk tempat tinggalnya.

burung murai batu lampung bukanlah asli berasal dari kota lampung, namun karena banyak di temukan dari daerah lampung menjadi nama lampung sebagai julukan burung tersebut.
untuk murai lampung sebenarnya dikirim dari beberapa daerah seperti riau, jambi dan kota agung.

murai lampung mempunyai perbedaan dari segi fisik badan dan ekor di bandingkan dengan murai  medan dan nias.
untuk badan lebih kecil dan ekor lebih pendek.'keunggulan dari murai lampung ialah mempunyai gerakan yang sangat gesit dan kuat dalam hal fisik.

namun untuk kekurangan dari murai lampung ini sering kalah dalam hal berkicau, suaranya dikatakan di bawah rata-rata burung murai lain-nya.
jika dalam suatu perlombaan, jenis murai lampung ini akan kalah suara dengan lawan dari murai lainya.

4. MURAI BATU BORNEO (KALIMANTAN)

murai batu borneo berasal dari kalimantan  dan dalam hal ini murai borneo kalimantan di bedakan menjadi tiga bagian yakni murai batu BANJAR, murai PALANGKA dan murai MAHKOTA.
meskipun jenis murai kalimantan ini berasal dari satu daerah namun untuk membedakan jenis tersebut mudah dikenali dengan fisik, bentuk badan-nya dan bentuk pada ekornya.

murai borneo kalimantan mempunyai ciri khas pada warna bulu dadanya yang terlihat orange cerah dan hitam pekat.
untuk panjang ekor menyesuaikan dari bentuk badanya yang hanya mempunyai 10-15 cm saja.
untuk suara kicau pada jenis burung murai borneo tidaklah kalah dengan jenis murai batu nias.

5. MURAI BATU ACEH

Burung murai aceh berasal dari daerah tangse, kheude bhieng, lhoong dan sekitarnya.
murai batu aceh ini hampir mempunyai kemiripan dengan murai batu medan, lihatlah pada bagian dadanya yang terlihat orange cerah dan mempunyai hitam pekat yang menunjukan suaranya yang khas.
keunikan dari suara burung murai batu aceh ini menyerupai dengan suara Sen4pan yang di Temb4kan ke udara. selain itu suaranya yang memanjang dan identik dengan ngeroll.
untuk ukuran badan dari murai batu Aceh ini sedikit lebih kecil dibandingkan dengan murai batu nias.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Burung Murai Batu Dan Daerah Persebarannya"